Latest Entries »

Selasa, 09 Maret 2010

Voice Command di Ubuntu

Ini adalah artikel yang ditulis dan dipraktekkan oleh teman saya. Dengan menggunakan program yang ia tulis sendiri, ia berhasil membuat sistem Linux Ubuntu bisa mengenali satu perintah yang diucapkan oleh pengguna untuk mematikan komputer.

Meskipun ada beberapa alternatif lain untuk program pengenalan suara seperti gnome-voice-control dan julius, tapi sebagai dasar, tulisan dari teman saya ini bisa untuk dicoba.

Manusia: GO
Komputer: Are you sure ?
Manusia: ONE

Tidak lama kemudian komputer shutdown. Bagaimana caranya?

Pastikan komputer Anda memiliki microphone (mic). Biasanya laptop memiliki internal mic. Jadi Anda bisa langsung mencobanya menggunakan Audacity:

# apt-get install audacity

Rekam suara Anda dan dengarkan hasilnya. Jika masih kurang bagus, kurangi volume mic melalui mixer. Lalu coba rekam lagi. Kalau hasil rekaman sudah baik, Anda bisa tutup Audacity.

Kemudian tambahkanlah repository RAB, yaitu dengan membuat file /etc/apt/sources.list.d/rab.list yang berisi:

deb http://debian.rab.co.id/custom ./

Perbaharui daftar paket Debian:

# apt-get update

Lalu pasang voice-command:

# apt-get install voice-command

Tunggulah beberapa saat hingga cron menghidupkan otomatis program ini. Jika sudah hidup, Anda bisa lihat log-nya di /tmp/voice-command.log. Kemudian mulailah mengatakan "GO" dengan tegas. Kalau suara Anda dikenal dengan baik, komputer akan melakukan konfirmasi dengan bertanya "Are you sure ?". Jawablah dengan "ONE" sebagai password-nya. Jika beruntung komputer Anda akan di-shutdown.

Perintah "GO" memiliki timeout. Jadi jika tidak dijawab dengan password yang benar dalam 30 detik, Anda harus mengulang lagi perintah ini.

Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar