Latest Entries »

Selasa, 16 Maret 2010

peraturan permainan Billiard Bola 9


Mungkin anda adalah salah satu penggemar billiard. Di tempat bermain billiard, biasanya yang sering dimainkan adalah permainan bola 9. Permainan bola 9 sendiri terdapat peraturan yang terkadang-kadang berbeda di setiap daerah. Hal ini dikarenakan oleh kebiasaan bermain dari pemain dari tiap-tiap daerah, ada yang menginginkan permainan bola 9 menjadi lebih rumit, atau ada yang diubah aturannya agar menjadi lebih mudah dalam bermain. berikut ini adalah peraturan permainan bola 9 yang sering digunakan untuk pertandingan skala internasional.

1. Bola yang digunakan.
Bola yang digunakan adalah bola billiard (masak bola basket sih???) yang bernomor 1 s.d 9 ditambah bola berwarna putih yang digunakan sebagai cue ball.

2. Susunan bola pada saat break
Bola bernomor 1 s.d 9 disusun berbentuk wajik (diamond). Posisi bola bernomor 1 di bagian atas wajik, sedangkan bola bernomor 9 diletakkan di tengah-tengah susunan bola.

3. Tujuan permainan.
Pemain diharapkan untuk memasukkan bola secara berturut-turut dari angka 1 s.d angka 9.

4. Memasukkan bola.
Memasukkan bola dapat dilakukan secara langsung, yaitu dengan memukul bola bernomor paling kecil yang ada di atas meja, atau dengan mengkombinasikan bola sasaran dengan bola lain yang sekiranya dapat masuk ke dalam kantung meja.

5. Pelanggaran.
Pemain dinyatakan melakukan pelanggaran apabila:

    * Bola yang dipukul bukan merupakan bola bernomor paling kecil yang ada di atas meja.
    * Bola putih atau bola berwarna melompat dan keluar dari meja permainan.
    * Bola putih masuk ke dalam kantung meja.
    * Bagian tubuh maupun pakaian pemain menyentuh bola yang ada didalam meja permainan.
    * Bola putih tidak menyentuh bola sasaran saat dipukul.
    * Saat bola sasaran dipukul, tidak menyentuh ban (cushion) maupun menyentuh bola bernomor lainnya.

6. Ketentuan setelah pelanggaran.

    * Dalam hal bola putih masuk kedalam kantong meja, pemain berikutnya memiliki kesempatan untuk meletakkan bola putih dimana saja di dalam meja permainan.
    * Apabila bola bernomor keluar dari meja, maupun masuk kedalam kantong karena pelanggaran, maka bola tersebut tidak dikembalikan ke atas meja pada titik Foot Spot. Apabila ada bola lain yang berada pada titik Foot Spot, maka bola bernomor 9 ditempatkan pada Long String terdekat dengan titik Foot Spot.Bola bernomor 9 dikembalikan ke atas meja apapun alasannya, kecuali bola tersebut dimasukkan kedalam kantong meja secara sah.

7. Push Out
Apabila setelah lawan melakukan break dan ternyata tidak ada bola bernomor yang masuk, dan bola putih terhalang oleh bola lain sehingga bola sasaran tidak bisa dipukul, maka lawan dapat melakukan Push Out.

8. Ketentuan Push Out

    * Push Out hanya dilakukan 1 kali dalam permainan, yaitu setelah lawan melakukan Dry Break.
    * Sebelum melakukan Push Out, pemain harus memberitahukannya kepada lawan maupun wasit. Apabila pemain tidak memberitahukan kepada lawan maupun wasit, maka pukulan yang dilakukan dianggap pelanggaran.
    * Dalam melakukan Push Out, bola putih tidak diharuskan mengenai bola lain maupun ban (cushion).
    * Setelah Push Out dilakukan, pemain lawan dapat memilih, apakah pemain akan melakukan pukulan atau memberikan kembali pukulan tersebut kepada lawan.

9. Pemenang
Pemain dinyatakan menang, apabila:

    * Bola bernomor 9 dimasukkan ke dalam kantung meja secara sah.
    * Pemain lawan melakukan pelanggaran 3 kali berturut-turut.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bagaimana apabila bola putih masuk setelah bola 9? siapakah yang menang? yang memasukkan bola 9 atau lawan?

Poskan Komentar